ANGGARAN BULANAN

ImageMet malam blogger……jangan kaget ya lihat uang nez yang lagi numpuk… πŸ˜‰Β 
Jangan kaget ya lihat nez nongol lagi dan lagi,sampe bosen and pengen nimpuk…hihiih….ihihiih….!!Nez mau bagi2 info tentang anggaran bulanan nih,yaah….meskipun ini hasil dari copas,(Ups,ketahuan dech).
Jangan dikomplen yah…plisss….Nez cuma mau berbagi aja kok…mumpung nez lagi baca,jadi ya nez copy aja ke blog,hikss….hiksss…..#Saya khilaaaaaaaaaaaaafff… 😦 

Tingggg….Mulaiiiiiiiiii… πŸ˜€Β 
Hampir separuh karyawan, menurut survei dariΒ careerbuilder.com, hidup hanya mengandalkan gaji atau pendapatan bulanannya. Ketika ditanya soal tabungan, mayoritas menjawab tidak punya. Bila ada yang punya, sebanyak 34 persen menjawab jumlah tabungannya tak sampai 100 dollar AS! Rasanya, keadaan ini juga banyak dialami oleh mayoritas karyawan di Indonesia.

Bagaimana cara menyiasatinya?Β Atur gaji Anda. Pendapatan bulanan harus diatur sedemikian rupa agar Anda bisa hidup nyaman tanpa banyak beban, sekaligus memastikan bahwa masa depan Anda, pasangan, dan anak akan terlindungi.

Berikut beberapa hal yang patut diperhatikan, menurut para konsultan finansial, agar Anda memiliki keuangan yang sehat.

Tabungan
Idealnya, pendapatan yang harus ditabung (saving ratio) berkisar antara 10-50 persen. Perhitungan tepatnya, harus memerhatikan 3 aspek. Pertama, jumlah dana tabungan yang sudah dimiliki saat ini. Kedua, besarnya cicilan yang masih ada. Ketiga, tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam 5-25 tahun ke depan.

ImageUtang
Idealnya, total seluruh utang kita tidak melebihi dari 30 persen penghasilan. Bila total utang Anda terlalu besar, bisa jadi penghasilan tak akan cukup untuk membiayai pengeluaran lain.

Biaya kecil-kecil
Perhatikan pengeluaran yang sifatnya kecil-kecil, seperti membeli majalah atau koran, membeli snack di kantor, ke salon, beli CD, dan sebagainya. Meski jumlah satuannya kecil, tapi bila dikumpulkan jumlahnya besar juga, lho!

Biaya makan di luar
Salah satu alasan mengapa kita sering tak bisa menyisihkan uang untuk ditabung adalah terlalu sering makan di luar. Sebenarnya, bila kita mau sarapan dan makan malam di rumah lebih sering, uang tak akan cepat habis begitu saja.

Dana darurat
Usahakan agar Anda memiliki dana darurat. Jumlah idealnya, tiga kali jumlah pengeluaran bulanan Anda. Gunakan dana darurat ini khusus pengeluaran yang sifatnya tak terduga atau tidak rutin (biaya pengobatan, dan lainnya). Taruhlah dana ini dalam rekening agar Anda bisa dengan cepat mengambilnya saat dibutuhkan. Dengan cara ini, pengeluaran bulanan Anda tak akan terganggu oleh pengeluaran tak terduga.

Selamat mengatur pendapat bulanan Anda…!

Iklan

30 thoughts on “ANGGARAN BULANAN

Komentar ditutup.